HOME    ARTIKEL    DOLLAR    TUKARLINK

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri ………

Gak di bisa di pungkiri,kita semua ingin jadi lebih percaya diri dan merasa nyaman tentang diri sendiri, sehingga dapat menjalankan kehidupan terbaik kita. Namun sayangnya, menumbuhkan rasa percaya diri tidaklah semudah mengucapkannya.
Jangan khawatir Mr.R mau berbagi tips untuk meningkatkan rasa PD dan menumbuhkan harga diri (emang barang…hohoho ^_^) :

1st. Lakukan Sesuatu yang membutuhkan keputusan dan tindakan
Kamu mungkin telah lama berkeinginan menyambung hubungan dengan teman semasa kuliah, atau mungkin telah lama ingin membersihkan rumah dan menyotir barang-barang yang tak berguna ke gudang. Apapun itu, kamu akan merasa lebih percaya diri dengan merancang tujuan (walau hanya tujuan kecil) dan bertindak untuk mencapainya.

2nd. Nikmatilah hal yang kamu kerjakan dengan bagus
Apa kamu memiliki hoby atau olah raga yang sangat kamu nikmati??seperti berenang atau yoga, melukis atau menulis, hal yang menyita perhatian dan membuat kamu lupa waktu saat mengerjakannya. Lalu,ini membuat kamu merasa kompeten dan mampu melakukannya dengan baik. Melakukan hobby juga dapat jadi cara luar biasa untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu. Jika kamu tak memiliki hobby khusus atau hiburan yang dapat kamu nikmati. Coba lakukan sesuatu yang ingin kamu coba. Bayangkan kamu melakukan itu, dan lalu lakukan! Tak perlu hal yang besar, bisa juga hal sederhana seperti bergabung dengan klub jalan sehat misalnya, kamu akan menemukan diri kamu lebih terpusat dan bahagia dengan melakukan sesuatu yang membuat kamu terlibat setidaknya seminggu sekali.

3rd. Ganti fokus
Terbukti selama ini orang-orang yang memiliki rasa rendah diri biasanya adalah orang-orang yang terlalu banyak berfokus pada diri sendiri. Kamu dapat lebih meningkatkan rasa percaya diri dengan mengerjakan sesuatu yang membuat kamu terfokus pada orang lain atau satu hal. Seperti saat kamu bertemu orang-orang baru, kamu akan menemukan rasa gugup kamu menghilang begitu berfokus pada orang yang kamu temui, bukan diri sendiri. Pada akhirnya, kamu akan lebih mudah berinteraksi dengan orang lain dan merasa lebih cerah.

4th. Bersikap rileks
Belajar tentang bagaimana bersikap rileks merupakan sebuah peningkatan hidup yang luar biasa. Orang-orang yang bersikap rileks lebih sedikit mengalami masalah dengan kenangan buruk mereka dan mengikuti alur kehiupan. Melakukan meditasi juga cara populer untuk menumbuhkan perasaan rileks, kamu bisa memilih ikut yoga atau tai chi. Apapun metode yang kamu gunakan, lakukan relaksasi dengan serius. Keuntungan dari hal ini sangat luar biasa unutk sekedar diabaikan begitu saja. Jika selama ini kamu tak pernah memikirkan relaksasi sebagai hal penting, maka pikirkanlah sekarang juga.

5th. Buat daftar hal yang kamu kuasai
Buat daftar dalam skala kecil. Kamu dapat membuat apapun yang berhasil kamu kuasai dalam sebuah daftar, seperti misalnya : lulus ujian mengemudi dan mendapat SIM, mencetak angka tertinggi saat maen basket, mengatur tabungan dan masih banyak lagi. Mengetahui banyak hal yang kamu kuasai akan membuat kamu menyadari akan apa yang telah kamu capai.


Beberapa hal yang telah disampaikan diatas merupakan prinsip dasar yang dapat kamu gunakan unutk meningkatkan rasa percaya diri, namun kamu juga perlu menambah hal-hal ini secara permanen dalam kehidupan kamu, selalu tanamkan dalam pikiran, karena tidak semua orang terlahir dengan bakat percaya diri, kebanyakan dari kita harus bekerja keras membangunnya. Jadi ,bangun rasa percaya diri dan harga diri ini dari pikiran kamu sendiri dan lakukan setiap hari untuk membuat kamu merasa nyaman.